Result of Diskusi Panel "The Rule of Midwife in Public Sector"

Bandung,29 Mei 2011
  1. Panelis I : Ina Yuniarti,Msc (materi : Bidan sebagai Pendidik)
sesuai dgn UU Sisdiknas No 20/2003, Pendidik adalah tenaga pengajar yang berkualitas (guru,dosen,konselor,tutor,instruktor,fasilitator,peer educator,dll). Jadi pendidikan ada yang informal dan formal. Pendidikan formal bila berjenjang dan terstruktur.
Pada permenkes 14/64 : adanya pemberian tambahan wewenang, namun selalu diberi pelatihan sesuai dengan penambahan wewenang tersebut.
Macam pendidikan : Pendidikan jarak jauh, pendidikan berbasis masyarakat
Prinsip penyelenggaraan pendidikan =demokratis dan partnership, karena kebutuhan dari peserta didik adalah pemberdayaan.
Note : Sebenarnya bidan yang bekerja di lapangan/klinik bisa juga menjalankan perannya sebagai Pendidik, dengan melakukan prosesnya sebagai pendidik secara informal tentunya, seperti memberikan pendidikan kesehatan, konseling, mengadakan kelas ibu hamil, nifas, maupun kelas prenatal, Konsultasi peran orang tua, Konsultasi Remaja, Dischange Planning (persiapan pulang). Namun kenyataannya banyak peran itu yang ditinggalkan, karena hanya mengacu pada peran bidan sebagai pelaksana.

 2. Panelis II : Dra.Hj.Asmuyeni, M.Kes (materi : Bidan sebagai Peneliti)
Kapan biasanya Bidan meneliti???saat Tugas Akhir, sbg Dosen (pengabdian Masyarakat), Tugas awal dan akhir kegiatan. Apakah ada Program penelitian Khusus untuk Bidan (pertanyaan ini belum terjawab???)
Mengapa bidan seharusnya meneliti??
karena AKI dan AKB meningkat
Meningkatnya akses terhadap bukti2 penelitian
Banyak tekhnologi baru yang diperkenalkan namun tanpa ada bukti yang jelas (maka seharusnya setiap tekhnologi yang ada harus dilihat apakah ada hasil penelitiannya
Perubahan kebutuhan peran ibu.
Note : Sebenarnya banyak hal yang bisa diteliti dalam lingkup kebidanan.Dengan lingkup permasalahan yang banyak dengan program solving yang harus diperbaharui maupun ditingkatkan.
Biasanya penelitian mahasiswa hanya ditempatkan di perpustakaan sebagai pajangan, namun tidak ada salahnya bila penelitian tersebut di dokumentasikan, lalu diserahkan di program penelitian terkait...
Penelitian yang dibutuhkan : Dokumentasi Askeb, Pelaksanaan Manajemen Aktif Kala III yang sesuai standar, Kepatuhan dalam melaksanakan pencegahan infeksi, asuhan antenatal yang kuat, dsb

3. Panelis III : Dra.Hj.Tuti Nurhayati (Bidan Sebagai Pelaksana)
Pada jaman Globalisasi ini seperti Dunia tanpa pagar, dengan kata lain akan berduyun2 orang asing ke Indonesia dengan modal masing2. Fungsi Bidan sebagai Pelaksana yaitu Bidan PTT (Puskesmas,Poned),Bidan Desa (polindes), BPS (Bidan Delima), Bidan di RB, Bidan di RS Pemerintah dan Swasta.
Mahasiswa yg lulus DIII Kebidanan seharusnya mempunyai lisensi sesuai dengan evidence Based

4. Panelis IV : Bidan Sebagai Pengelola
Bidan Sebagai Pengelola sangat luas lingkupnya. Bidan mengelola pendidikan, RB, BPS, dan sebagainya. Sehingga selain Hard Skill yang sesuai dengan Lingkup kebidanan juga dibutuhkan soft skill misal ilmu management, ekonomi, dsb.
Note : Partnership Bidan dan Dukun, tunjukkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jadikan dukun sebagai partner yang sama dengan kita namun butuh pendidikan saja. Libatkan dukun dengan tidak memotong jatah mereka sebagai dukun beranak.

Quest :
a. Biasanya mahasiswa yang akan praktiksebelumnya sudah diberikan materi yang sesuai dengan standar, Namun ketia dia terjun dilapangan, Teori tersebut dimentahkan kembali karena kebiasaan dari lahan praktik, Dan praktik tersebut sering dilakukan mahasiswa karena terlanjur menjadi kebiasaan. Bagaimana menyikapinya
= Biasanya sebelum menerjunkan mahasiswa, dari pihak akademik dan lapangan harus mengadakan pertemua khusus antara Pelaksanan dan pendidik, ataupun apersepsi dengan begitu dapat tercipta suatu kemitraan yang baik. Untuk mahasiswa diberikan pembekalan dan masukan-masukan tentang miniatur nantinya di lapangan.
b. Bagaimana seharusnya jadi pendidik yang baik
= Pendidik harus mengidentifikasi perkembangan di lahan praktik, perkembangan di Organisasi Profesi, dan perkembagan ilmu yang sesuai dengan kebutuhan terkini. Sehingga Dosen harus kreatif melihat secara Global apa yang terjadi

Special Quote : dari banyaknya pertanyaan yang ada, tidak ada yang mengarah pada peran bidan sebagai peneliti. Bagaimana sih ketertarikan terhadap Penelitian bagi Bidan?? Trus ada gk siy lembaga khusus tentang penelitian kebidanan????

Sampai Disini aja Infonya kali ini...InsyaAllah akan dilanjut dengan tema yang Berbeda..Semoga Bermanfaat. dan Semangat.


Comments